Press "Enter" to skip to content

Manfaat Lempuyang Untuk Asam Lambung

Lempuyang yang merupakan tanaman obat herbal bermanfaat, tanaman lempuyang ini ternyata memiliki banyak manfaat yang diberikan untuk kesehatan, salah satunya adalah manfaat lempuyang untuk asam lambung. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai manfaat lempuyang untuk asam lambung ini.

Manfaat Lempuyang Untuk Asam Lambung

Manfaat Lempuyang Untuk Asam Lambung

Lempuyang merupakan sala satu tanaman rempah yang sudah tumbuh dan digunakan oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Lempuyang ini memiliki bentuk yang sama seperti jahe dan juga lengkuas, tanaman lempuyang juga termasuk tanaman umbi yang memiliki nama latin zingiber zerumbet. Tanaman lempuyang ini memiliki tiga jenis tanaman, yaitu lempuyang wangi, lempuyang gajah, dan lempuyang pahit.

Tanaman lempuyang ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh, sejak jaman dulu sudah banyak masyarakat yang menggunakan tanaman lempuyang sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Contohnya seperti manfaat lempuyang untuk asam lambung, mengatasi maag, melawan kanker, melangsingkan tubuh, mengobati demam, mengatasi wasir, dll. Namun dalam kesempatan kali ini saya hanya akan menjelaskan sala satu cara pengobatan tradisional saja, yaitu pengobatan tradisional tentang manfaat lempuyang untuk asam lambung.

Kandungan yang terdapat pada lempuyang

Rimpang atau batang dari tanaman lempunyang ini memiliki banyak kandungan yang sangat baik, rimpang lempuyang memiliki zat yang bersifat sebagai anti-inflammatory dan antipriliferasi yang mampu membantu meringankan gejala maag dan juga dapat memberikan manfaat untuk mengobati asam lambung. Selain memiliki kedua zat diatas, lempuyang juga memiliki kandungan minyak atsiri seperti :

  • Gingerol
  • Kariofilen
  • Zingeron
  • Zerumbon
  • Flavonoid
  • Limonene
  • Parazol
  • Zingiberen
  • Prostaglandin
  • Seskifelandren
  • Saponin
  • Serat alami

Manfaat lempuyang untuk asam lambung adalah jenis lempuyang gajah, jenis lempuyang gajah ini dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang dapat mengobati asam lambung. Hal ini dilakukan karena sebagian masyarakat mempercayai bahwa tanaman lempuyang gajah ini dapat menetralkan asam lambung karena lempuyang gajah ini memiliki sifat dingin. Dan lempuyang gajah ini juga mempunyai sifat antipiretik dan analgesik  yang dapat membantu untuk menghambat terjadinya peradangan.

Tanaman lempuyang gajah biasanya tumbuh liar di hutan daerah tropis seperti di Indonesia, namun sekarang anda tidak usah pergi ke hutan untuk mencari tanaman lempuyang. Karena sudah banyak orang yang menanam tanaman lempuyang dipekarangan rumah maupun dikebun, sehingga dapat membuat anda lebih mudah untuk mendapatkannya. Sebelum dilanjutkan pada proses pembuatan ramuan lempuyang gajah, alangkah baik nya untuk menyimak sedikit tentang karakteristik lempuyang gajah ini. Ciri dari tanaman lempuyang ini memiliki aroma yang khas dari bau nya dan juga rasanya yang agak pahit serta memiliki bunga yang berbentuk bulat memanjang dan bentuk ujungnya juga membulat.

Cara mengolah lempuyang gajah untuk asam lambung

Manfaat lempuyang untuk asam lambung juga dapat anda racik sendiri. Cara mengolah atau membuat ramuan lempuyang gajah untuk mengobati asam lambung cukuplah mudah, Bagi anda yang ingin mengetahui cara mengolahnya simaklah beberapa langkah dalam proses pembuatan ramuan lempuyang dibawah ini :

  • Langkah pertama : siapkanlah beberapa ruas rimpang lempuyang gajah
  • Langkah kedua : cucilah lempuyang gajah yang sudah dikumpulkan sampai bersih dan kemudian kupas kulitnya
  • Langkah ketiga : memarkan terlebih dahulu lempuyang gajah yang sudah dibersihkan lalu rebuslah dengan menggunakan air secukupnya sampai mendidih
  • Langkah keempat : setelah air rebusannya mendidih, angkat dan diamkanlah terlebih dahulu hingga air nya menjadi dingin
  • Langkah kelima : setelah air dingin, kemudian saringlah sehingga anda dapat meminum air nya.

Anda juga dapat menambahkan madu maupun gula aren pada air rebusan lempuyang sesuai dengan selera anda masing-masing. Hal ini dilakukan supaya ketika anda hendak meminum air rebusan lempuyang gajah tidak terasa agak pahit.

Itulah beberapa pembahasan singkat mengenai manfaat lempuyang untuk asam lambung yang bisa saya sampaikan, semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat dan cara pengolahan ramuan lempuyang gajah diatas dapat anda jadikan sebagai acuan atau pegangan untuk menjaga kondisi tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari gangguan penyakit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang anda harapankan, maka saya menganjurkan supaya anda mengonsumsi ramuan lempuyang gajah ini secara teratur dan rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga : Obat Alami GERD Berkhasiat Di Apotik ~ Obat Asam LambungCara Mengobati Asam Lambung

Pejuang Herbal

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pesan Via WA